Selamat datang di Blog David :) Dapatkan informasi pembelajaran, Materi Elektronika, Download lagu, Lirik lagu, Sekedar Diary saya,dll. Selamat membaca ^^
Jumat, 21 Juli 2017 - 0 komentar

Pengalaman Menjalani Masa Prakerin / Pkl Waktu Smk



Ngomong-ngomong soal praktek kerja lapangan atau prakerin pada saat Smk, pasti kalian saat ini lagi bingung dan panik yaa? Tenang, saya juga pernah merasakannya kok. Merasakan gimana bayang-bayang dunia pkl apakah susah atau tidak, apakah horror, galak, dapat gaji apa tidak, dan apa yang harus dilakukan. Disini saya akan menceritakan pengalaman saya ketika pkl, oke kita mulai..

Sebagai murid di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), pkl menjadi kegiatan yang wajib dilakukan saya rasa, karena jika kita tidak melaksanakan bisa-bisa kita tidak punya nilai dan tidak lulus. Berapa lamanya pkl biasanya 3 bulan, tapi ada juga sekolah yang melaksanakan pkl lebih atau kurang. Misalnya saya, saya adalah murid dari SMK dengan program study 4 tahun, pkl saya bukan 3 bulan namun sampai 6 bulan wowwww..  Iya, selama 6 bulan itu saya dan murid2 menjalankan pkl dengan sepenuh hati diimbangi berat hati wkwk beruntunglah kalian yang melaksanakan pkl cuma 3 bulan, sepatutnya jangan mengeluh.

Awal saya mau menjalankan pkl juga bingung banget rasanya, bingung mau pkl dimana. Saya adalah murid dari program keahlian Teknik Audio Video (Elektro), pandangan tempat pkl waktu dulu adalah perusahaan besar, toko2 elektronik, dan servis-servis pinggir jalan. Ternyata nyari tempat pkl itu susah-susah gampang, gampangnya kalo kita dicariin sekolah atau dapat kenalan, bingungnya saat tempat pkl itu sudah full dan kita tidak punya teman bareng.
Saran saya kalo sekolah menyediakan lowongan pkl walaupun ada di luar kota mungkin ambil aja, karena biasanya kalo kita beruntung mendapat tempat pkl di perusahaan besar bisa dapat uang gaji juga bisa dikontrak.

Pikiranku dulu sama kayak kalian, penuh kebingungan, takut dimarahin, gimana kalau tidak bisa, sampai aku harus bertanya-tanya ke teman2ku yang sudah menjalankan pkl duluan dan browsing sana-sini pengalaman orang lain. Tapi setelah dijalankan oke oke aja, malah kita dapat ilmu selama pkl, bisa menambah teman juga, memperluas pandangan kita, dll.

Kebetulan aku dulu pkl nya di jogja, tepatnya di home industry elektronika. Nama tempatnya Inkubator Teknologi atau nama toko onlinenya adalah toko tronik. Disana tempat memproduksi hardware software elektronika mengarah ke mikrokontroller. Walau masih home industry tapi semua aktivitasnya dilakukan disesuaikan seperti perusahaan-perusahaan biasanya. Kenapa saya bisa pkl disini? Karena bingung juga mau kemana, toh juga disini ada banyak teman barengan. Over all intinya kalo pkl disini kita jadi bisa nambah ilmu elektronika dan paling penting ilmu agama juga. Boleh lho stalk aja pkl nya hhee.. untuk hal2 negatif gak usah dibahas yaq, mohon maaf izin kalo ada orang dalam yang baca hhe peace

6 bulan pkl apakah nggak capek bosan? Aslinya juga capek tapi mau gimana lagi, ini udah tuntutan dari sekolah. Saya menjalankan pkl di kelas 4 sehabis melaksanakan ujian nasional, setelah selesai pkl masih ada kegiatan lagi yaitu tugas akhir. Tapi bisa diasati juga sih, namanya pkl di kota orang yaa boleh juga sambil ngekos biar enak nggak capek pulang pergi ngehabisin bensin tenaga. Saat pkl saya dan teman-teman mengekos, ada enaknya kita jadi irit tenaga juga bisa mengenal kota Yogyakarta dengan sering-sering bermain.  Tapi yang perlu diingat saat kita mengekos, artinya kita jadi lebih dekat dengan teman ngekost kita, jadi kita harus saling bergantian membantu. Tips dari aku jagalah persahabatanmu sebaik2nya, ada teman kesusahan bantulah berilah toh saat kita berada diposisinya kita bakal dibantu balik, jangan egois, jaga sikap biar hubungan awet harmonis jangan sampai bikin teman sekost muak sampai pergi. Kita juga tau sikap teman kita sebenarnya, ntar kalian juga ngerasain sendiri lah.

Saran dari saya mengenai melaksanakan pkl :
1.       Lakukanlah dengan sepenuh hati, menyerap ilmu yang diajarkan saat pkl.
2.       Serap juga ilmu lain seperti ilmu Agama supaya bisa lebih taat, juga hal lain misal organisasi, sikap kerja karyawan, sikap yang harus diubah.
3.       Disiplin lah waktu, dengan disiplin waktu selama pkl membuat kita bisa merasakan kerja yang sebenarnya. Jadi sewaktu kita kerja beneran jadi punya gambaran dan dilakukan agar tidak terlambat. Toh juga kalau kita tidak disiplin waktu mengakibatkan kita jadi tidak enak hati kepada tempat pkl itu.
4.       Membuat kesalahan waktu pkl adalah wajar, kita semua pkl itu kan belajar. Jadi kalau kita membuat kesalahan kayaknya yaa dimengerti tempat pkl kita, paling dinasehatin agar tidak mengulang lagi. Deg-degan pasti tapi tetap bersikaplah seperti biasa daripada capek mikir.
5.       Tertib dan jangan lupa berdoa.


Mungkin itu aja sih yaa, kalau ada kesalahan mohon dimaafkan. Dan kalau ada kurangnya bisa cari di artikel pengalaman orang lain lagi.


Yang jelas, jalanin aja dulu mau pkl dimana.. Kalau pun tidak cocok, yaa keluar aja cari yang lain. Kalau sudah dijalanin juga tau sendiri entar, jangan takut.
Sukses ya.. J

0 komentar:

Posting Komentar