Selamat datang di Blog David :) Dapatkan informasi pembelajaran, Materi Elektronika, Download lagu, Lirik lagu, Sekedar Diary saya,dll. Selamat membaca ^^
Jumat, 21 Juli 2017 - 0 komentar

Pengalaman Mengikuti Pelatihan Super Unggul (PSU) Universitas Amikom Yogyakarta


PSU atau Pelatihan Super Unggul adalah dasar untuk penentuan nilai mata kuliah Etika Profesi 2 SKS. Jadi penting untuk diikuti, karena berguna untuk mengisi beberapa SKS. Bagaimana kalau kita tidak mengikuti? Nilai SKS Etika Profesi kita kosong, dan mungkin gak lulus kuliah. Akan tetapi misal belum sempat mengikutinya, bisa diikuti di tahun ajaran baru bareng maba, tapi saya rasa malah lebih malu apalagi kalau sendirian dari angkatannya.

Sebenarnya, saya sempat bingung mau memilih PSU di tanggal berapa. Soalnya PSU diadakan selama 5 hari, dan kuliah baru mulai di bulan September masih lama. Saya sempat mengambil di tanggal paling akhir yakni tanggal 29/08/17 – 02/09/17, tapi saya rasa malah tambah beban pikir, disamping menunggu panggilan kerja. Makanya saya ganti di tanggal 11/07/2017 – 15/07/2017 supaya cepat selesai, tidak ada pikiran lagi, dan juga ada info dari teman katanya kalau ikut di akhir2 itu ribet, tidak bisa ikut kegiatan ITC, persiapan mepet menuju ppm, juga semakin matang tantangannya. Langsung deh saya hubungi hotline PSU, sistem diganti dan saya bisa mengikutinya di tanggal tersebut. Beberapa persiapan saya siapin di malam harinya, seperti kertas manila, gunting, alat tulis, dll

Hari Senin, Saya berangkat dari rumah pukul setengah 8 pagi dan baru sampai di kampus pukul 8 lebih 10 an. Setelah saya bertanya dengan pak satpam saya diantarkan menuju gedung 4 lantai 2, diruang tersebut sudah berisi beberapa maba, saya terlambat. Dipertemuan pertama ada Bapak Dosen pak Bernard, lucu dan rame orangnya. Kita disuruh mengikuti game yel-yel bhalalala, kemudian membuat kelompok kemudian disuruh buat macem2 seperti pesawat terbang dari kertas, terus gambar bebek walaupun hasilnya seperti merpati maklum belum jago nge-gambar. Setelah itu kita disuruh buat sanksi, dll untuk kelompok dan kelas. Teman kelompokku, ada nadya, aji, miftah, Merlyn, dll yang bertepatan menyebutkan kata balalala.. blabla bla gitulah, mendengar, menyaksikan presentasi, dan hiburan. Belum sampai jam 12 lebih udah pulang kok, langsung deh jalan2 dulu cari makan terus jalan2 ke mall sendirian, lanjut main ke boyolali bersama kenalan sosmed.

Hari Selasa, saya berangkat dari rumah lebih awal supaya tidak telat soalnya ada sanksi yang siap menunggu. Sungguh sial setelah liat jam di depan gedung 4 menunjukkan pukul 8 lebih 7 menitan, artinya saya terlambat dan siap mendapatkan sanksi. Setelah masuk ruangan, saya disorakin telaaaatt.. dan disuruh maju menjalankan sanksi. Beberapa sanksi yang telah disepakati seperti : Stand Up, Main music tanpa instrument, Minta Nomor Ce/Co di ruang sebelah, Push up. Ada 4 Orang yang terlambat, salah satunya Bima, temen berangkat orang prambanan yang saling balap di jalan Ringroad, ternyata seruangan, maklum belum kenal. Ada yang milih Push up, main music tanpa instrument, dan saya memilih minta nomor di ruang sebelah. Yaa sudah, dengan berani aku masuk, disuruh nyanyi bertiga nyanyi balonku, dan minta nomor tapi yang didapatkan cowok wkwk.. Setelah itu dilanjut menyimak perkenalan, materi, sampai pulang. Di waktu pulang saya dan teman2 cewek groufie bareng.

Selanjutnya yaa begitulah menyimak perkenalan, materi psikolog, diskusi, buat kelompok melatih kerjasama dan pendapat. Intinya PSU itu perkenalan sebelum masuk perkuliahan yang sebenarnya, banyak motivasi yang diberikan, positif, banyak mendapat teman, tergantung aja gimana kita nyikapin, kalo diruangan cuma ngantuk, bengong, cuma absen asal ngikut yaa nggak mendapat motivasi sepenuhnya.

Dari PSU yang saya ikuti kemarin, saya mendapat banyak teman. Banyak yang berasal dari kota lain misal: bima, papua, riau, ntt, wakatobi, cilacap, Jakarta, bandung, pati, pemalang, jogja, klaten juga ada beberapa yang kebanyakan mereka dari gelombang 3 yang belum tetap kuliah di amikom soalnya juga menunggu pengumuman dari univ lain. Akan tetapi walaupun kita dari beberapa prodi yang berbeda kita sudah seperti teman sekelas, yang akrab antar satu sama lain. Bahkan, kita main2 bareng ke malioboro, candi ijo menambah keakraban.

Pesan dari saya: Ikutilah PSU terserah di tanggal berapa yang penting masuknya rajin yaa, karena bakalan dapat motivasi membuka pandangan luas dan berkenalan banyak teman.

Begitu banyak yang saya dapatkan, baru beberapa hari sudah mendapatkan pelajaran dan hal2 lain, juga mendapat teman yang cantik dan ganteng2, gak tau deh kalau saya mengikuti tgl psu akhir dibanding tgl kemarin bakalan sama. Yang terpenting teruslah bersyukur :)


#Post Script : Btw kejadian konyol ada juga lhoo.. seperti aku kedinginan di ruangan yang ber-AC 2, Menahan kencing sampai dipucuknya sewaktu diskusi kelompok, diintrogasi, dll wkkk..

0 komentar:

Posting Komentar