Selamat datang di Blog David :) Dapatkan informasi pembelajaran, Materi Elektronika, Download lagu, Lirik lagu, Sekedar Diary saya,dll. Selamat membaca ^^
Rabu, 15 Juli 2015 - 6 komentar

Pengalaman Layar Laptop Menjadi Kehijauan Aneh


Ilustrasi

Guys pernahkah kalian mempunyai problem pada laptop kalian?  Baik dari masalah ringan sampai masalah yang berat seperti kerusakan pada LCD Laptop.  Pastinya baik ringan atau berat, sama-sama membuat kita jadi sedih. Bener gak?

Kali ini aku mau menceritakan tentang pengalaman Layar Laptopku yang semula normal, tapi kini menjadi berwarna hijau plus bercak-bercak bintik-bintik kecil berwarna hitam. Sebelumnya mohon maaf, aku tidak bisa memperlihatkan foto bagaimana kondisi saat itu.

Berawal pada hari jumat, aku membawa laptop ke sekolah. Saat Malam hari sebelumnya dan esok harinya normal-normal aja ketika aku pakai, sama sekali tidak memperlihatkan keanehan pada layar. Tetapi disaat pulang sekolah tepatnya masih didalam kelas, aku membuka layar laptop kemudian menekan tombol ON. Tiba-tiba tampilan layar laptop berubah menjadi aneh sekali, sontak membuat aku kaget karena mungkin aku belum pernah mengalami masalah seperti itu. Hah.. aku mencoba menenangkan diri sejenak dan ngomong dalam hati “ah mungkin kalo di shutdown kemudian dihidupkan lagi, semuanya bakalan normal kembali.” batin saya. Langsung aku mencoba melakukannya, akan tetapi sama saja dan tidak membuahkan hasil yang bagus. Di Restart pun sama saja, walau sudah berkali-kali melakukannya tetap saja enggak berubah normal lagi.

Sesampai rumah, aku mencobanya lagi berulang-ulang di siang hari dan malam hari, tetap saja tidak berubah. Aku nyerah, aku pasrah dan ingin mencobanya besok lagi. Di hari sabtu, suasana masih sangat sedih dan kacau bagiku. Aku punya beban baru dipikiran, dan mencoba untuk menguranginya dengan curhat kepada teman dekatku baik dikelas dan di samping kantin. Dengan begitu, lumayan bisa melepaskan sedikit perasaan cemas dan sedih karena sudah dibantu dan disemangati.

Pulang sekolahnya, aku langsung main ke BLC Telkom daerah klaten. Dengan kondisi laptop yang nggak nyaman dilihat, aku tetap nekat menggunakannya. Aku memang mencari tempat di pinggir agar tidak dilihatin banyak orang. Niat banget wifian disini itu karena aku ingin mencoba mendapat koneksi internet untuk mengupdate antivirus yang terinstal di laptopku. Maklum sudah lama banget tidak di update, yaa mungkin semisal sudah diupdate terus  bisa kembali normal kembali. Pertengahan asyik mengupdate  sambil main sosmed, aku dibuat kaget karena layar tersebut sudah kembali normal. Bener-bener normal kembali seperti semula, hal tersebut membuat aku senang karena merasa beban masalah ini telah hilang. Tetapi aku salah! Selang beberapa menit, masalah tersebut datang lagi dan membuatku kaget  dan sedih lagi. “Ya Allah, ini gimana? Kok kembali rusak lagi.. gimana nih L” pikiran kacau ku. Mana aku lupa bawa charge laptop, sehingga baterai low dan antivirus gajadi terupdate.

Ya udah, aku pasrah akan cobaan ini.. Aku pulang dengan suasana hati yang sangat sedih, dijalan pun tidak konsen. Sesampai rumahpun masih dalam kondisi sangat pusing dan sedih. Aku langsung makan dan masuk kekamar, sedihku sudah tak tertahankan lagi, lalu aku singkirkan makanan di piring dan kemudian aku menangis di kasur kecilku. Aku sangat sedih, air mata sampai keluar berulang-ulang kali, padahal aku adalah tipe orang yang sering tertawa dan susah menangis. Tetapi untuk masalah yang bertubi-tubi menghadapiku ini aku sangat merasakan kesedihan dan membuatku termenung menangis. Hiks, disitu aku sangat merasa panik dan sedih.. Baru mendapat cobaan, eneh ini dapat lagi! Belum lagi moment dari gadgetku yg hilang masih menjadi beban di pikiran.

Selang kurang lebih 1 jam, aku melanjutkan makan siangku. Aku mencoba menghibur diri dan tidak terlalu berlarut-larut dalam kesedihan. Makanya aku langsung Pasrah-sepasrahnya kepada Allah SWT. Laptop kemudian aku shutdown dan mencoba melupakannya.

Hari seninnya, aku mencoba minta bantuan kepada anak TKJ. Siapa tau dia bisa, soalnya dari cerita teman dekatku ia juga mengalami kerusakan pada LCD. Katanya aku disuruh cek di BIOS gitu, ah apaan itu aku gatau, lalu aku minta untuk besok dicek temanku saja.

Malam harinya, aku mencoba menghidupkan laptopku kembali setelah 2 hari dibiarkan dalam kondisi Shutdown untuk mengeceknya di tampilan BIOS. Aku biarkan selama 2 jaman dan Aku kaget, laptop aku sudah kembali normal dengan sendirinya. Aku sangat senang dan bersyukur kepada ALLAH SWT. Perasaan cemas pun sudah hilang, tidak bersedih-sedihan lagi, pokoknya aku sangat senang. Aku sudah tidak dibuat stress lagi tentang masalah layar tersebut. Bayangin saja, biaya ganti LCD Laptop itu ratusan ribu bahkan sampai jutaan. Duit dari mana aku bisa dapat? Apalagi duit buat beli Gadget baru belum dapat.

Huh, bener-bener bersyukur banget. Allah Swt telah membantuku. Aku tersadar akan perawatan yang aku lakukan kepada laptopku. Aku merasa salah, ketika sering meng-sleepkan laptop daripada di Shutdown. Aku merasa salah ketika sekian lama membawa laptop ke sekolah dalam keadaan sleep terus. Aku merasa salah ketika tidak memperhatikan kondisi laptop di Tas, sering banget membiarkan dan menyepelekan laptop tertindih buku-buku dan meletakkan di posisi salah dan kemudian sering terjatuh. Semua hal tersebut aku sesali, bahkan di Internet pun juga disuruh agar tidak melakukan semua hal diatas.
Pengalaman banget banget banget! Banyak pelajaran yang dapat aku ambil disini. Contohnya: Aku harus sangat bersyukur, karena masih ada orang dibawahku yang mendapat cobaan yang lebih berat dari yang kudapat. Aku juga harus lebih memperhatikan kepada barang-barang yang aku punya, apalagi barang elektronik yang mudah sekali rusak kalau tidak dirawat dengan benar.

Terimakasih Ya Allah, Terimakasih teman-temanku, Terimakasih semuanya..

Semoga hal yang aku alami bisa dijadikan pelajaran bagi yang telah membaca postinganku kali ini ^^

6 komentar:

nikolay 24 Maret 2018 pukul 12.43

jadi penyebabnya apa kak?trs solusi gmn?kok saya msh belum paham

LOVELYZ TRILOGY 7 Februari 2019 pukul 10.36

siap gan, makasih banyak sudah share ilmuyang bermanfaat
mesin pemisah lcd

Unknown 13 Februari 2019 pukul 21.32

Terus nanti pas udah ngeliat tampilan BIOS diapain?jelasin yang lebih jelas dong

Anonim 3 April 2019 pukul 22.14

Udh baca panjang2 gak dapet solusi, jangankan solusi rusaknya kenapa aja gatau wkwkwk

Anonim 7 April 2019 pukul 12.37

Didiamkan begitu sajalalu dicoba kembali dan walla kembali normal..
Ngeri sentuhan ajaib..

Anonim 28 Mei 2021 pukul 20.40

Malah narasi, kirain solusi..

Posting Komentar